2010/01/18

8 trik buat belajar sukses tanpa nyontek

1. Read, read, and read (terserah berapa kali tapi ane nulis nya 3 kali aja ntar kepanjangen). Semua itu diawali dengan membaca. Seperti surat Al-‘Alaq ayat 1 yang artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan”, itu berarti kita harus membaca tapi tetap mengingat Allah.

2. Dare to Ask. Berani bertanya, lagipula kata peribahasa “Malu bertanya sesat di jalan” / “Shy ask deviate in road” / “Isin takon kobeng neng dalan”. Sekali lagi jangan malu, tapi kalau masih malu tanya ama temen, kalo malu juga mending siap2 gagal deh (becanda).

3. Dare to Answer. Berani berbuat berani bertanggung jawab, berani bertanya berani menjawab (tapi jangan asal2an nanti salah2 nilai kita dikurangi guru). Biasanya ada guru yang menambah nilai siswanya karena bisa menjawab pertanyaan (walau bukan ulangan) bisa juga mendapat nilai karena melanggar tata tertib sekolah yaitu nilai AKPS (Angka Kredit Pelanggaran Siswa), bagi yang mendapatkan nilai 100 AKPS akan“diluluskan" dan gak sekolah lagi di sekolah ane. Mau gak ???

4. Write, write, and write. Tulis (maksudnya catat) penjelasan guru yang mungkin gak ada di buku LKS ataw buku paket. Walau tangan“gape" (capek) tapi nilai kita (insya Allah) lebih baik dari yang lainnya.

5. Hear Teacher Talk. Maksudnya dengerin saat guru ngomong/ngendika. Ini dimaksudkan agar kita saat ditanya gak tahu jawabannya gara2 ngalamun/melamun. Ataw malah kalo guru killer/galak bisa dilempar pake penghapus, ataw disambit pake garisan ataw lainnya. (ngeri ane)

6. Prepare the Lesson. Siapin dulu donk, buku yang harus dibawa, alat tulis dan tetek bengek lainnya. Masa mau berperang tidak siap, nanti mati konyol donk, begitu pula dengan belajar kita akan Mati Konyol (tidak dapat berkutik) ketika diserang (ditanya) oleh musuh (guru).

7. Train and Practice. Latihan dan praktikan. Contoh : Matematika yang makin tekun makin tidak karuan, harus kita latih kemampuan kita dan jangan menyerah dalam melatih diri agar ke depannya kita tidak akan pernah lagi mencontek.

8. Pray to God (Allah). Benar, kita memang harus berdoa kepada Allah karena doa akan memudahkan kita dalam mengingat pelajaran dan hanya kepada Allah-lah kita memohon seperti pada Al-Qur’an surat Alam Nasyrah ayat 8 yang artinya : "Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”

1 komentar: